Antre Woy

Waktu liburan semester 3 kemarin. Aku pergi ke puskesmas untuk nganterin ibu aku periksa kesehatan. Karena biasanya selalu antre jadi aku ambil nomor antrean dulu, ibu aku masih di rumah. Mikirnya saat itu, dari pada nunggu kelamaan di puskesmas. Dan selagi di rumah ibu aku masih ngurusin urusan rumah tangga. Sebenarnya ini cuma periksa aja, jadi ibu aku gak dalam kondisi sakit makanya masih bisa aktivitas biasa.

Jadi pertama kita harus siapkan fc ktp dan kartu anggota puskesmas (kalau udah punya). Kalau belum nanti bakal di buatain. Fasilitas dan tempatnya bagus banget dan lengkap. Juga tempatnya bersih. Untuk orang yang pertamakali kesana juga gak kesusahan karena banyak banget informasi dan petunjuknya untuk setiap proses, dan tempatnya nyaman, santai banyak banget mural-mural tentang kesehatan. Jadi anak-anak yang kesanapun bisa ngerasa nyaman. Biasanya dihari-hari tertentu ada pemberian imunisasi buat anak-ana, aku lupa sih jadwalnya hari apa. Disana juga ada Tvnya jadi bisa buat hiburan.

Di puskesmas juga ada LABnya. Ada Lab buat cek dahak, dll. Ya walaupun gak besar tapi sangat terorganisasi lah untuk semua kebutuhan, dan yang paling penting labnya itu berfungi. Oh iya untuk tau kapan waktu nomor antrean kita masuk, kita bisa lihat di atas pintu ruangan ada led yang selalu update nomor berapa yang sedang di periksa saat ini, di tambah dengan pengeras suara. Jadi kalau masih lama kita bisa tinggal juga. Atau yang udah antre terus di tinggal keluar, pas balik kita tahu udah sampek nomor berapa.

Jadi aku ambil nomor itu jam 08.00 WIB. Itu udah rame. Ngantrelah buat didata dan ambil nomor antrean. Jadi tempatnya itu kayak meja resepsionis. Kalau ada yang lagi di data kita biasanya pasti berdiri di belakangnya untuk antre.

Waktu itu aku ngantrenya dapat di barisan ke-3 belakangku ada mbk-mbk. Tiba-tiba ada ibu-ibu nyelonong aja langsung maju ke depan. Di samping orang yang lagi didata. Otomatislah ya di pikiran aku, mikir ini ibu-ibu kok gak mau antre ya. Orang aku yang disini aja udah pegel berdiri buat antre kok ibunya main nyelonong aja buat barisan baru di depan meja aja. Langsung mikir deh ya gini ni orang-orang indonesa antre aja gak paham, gimana bisa maju? dan bla bla bla segala unek unek timbul di pikiran aku.

                                                          gambar waktu aku antre  

Lalu majulah bapak-bapak di depan ku buat di data (otomatis harusnya setelah bapak ini aku yang harus didata). Aku lihat tu ibunya, ibunya masih diem aja , sambil nyandar di meja (di samping bapak-bapak yang didata). Kok gak di srobot tu bapaknya? Terus aku mikir, mungkin karena bapak-bapak jadi gak berani nyerobot. Apa lagi bapak itu badannya kayak tentara gitu. Lihat aja nanti pasti aku yang di serobot.

Waktu bapaknya udah selesai, aku cepet-cepet aja maju, dan yang paling menyebalkan mbak-mbak petugasnya langsung nanyain ibunya, padahal di depannya ada aku yang udah antre. Tapi ibunya itu ngomong “ mbaknya aja dulu, saya cuma gak mau gangu orang-orang lewat kalau antreannya panjang."

Langsung kaget ya aku, segitunya ibu itu mikirin orang lain. Sementara aku udah berpikir jelek aja sama ibu itu. Lalu waktu aku duduk, setelah didata dan dapat nomor antrean aku perhatiin orang-orang yang antre sama para petugas yang riwuh, karena jalannya terhalang sama antrean yang panjang ke belakang. Bener ya ternyata memang sanggat mengangu kalau kita antre memanjang. Mungkin bisa di siasati dengan duduk dulu karena disediakan banyak tempat duduk. Tapi nyesek juga kalau kita datang duluan terus kita duduk. Terus ada orang baru datang langsung ambil tempat di belakang barisan, ya otomatis kita bakal kegeser semakin di belakang ya wkwkkw.

Kadang kita sering ngerasa udah melakukan yang benar (antre itu bener kan), dan menyalahkan orang yang berbuat berlawanan dengan kita (yang di lakukan si ibu), tapi bisa jadi orang itu punya alasan yang jauh lebih baik dari pada kita yang cuma ngikutin yang bener, dan aku ngerasa malu banget udah berfikir seperti itu ke ibunya.



Chocolate
13.27
Malang, 7 September 2018

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate