Bahan Perbincangan


Aku mau cerita pengalaman waku masih SMA. Jadi dulu aku pernah jadi bahan omongan dan sindiran satu kelas waktu kelas 3 SMA, dan itu ceritanya lucu banget sih menurutku, kalau diingat lagi bikin ngakak aja. Jadi aku diomongin dan disindir sama satu kelas (walaupun yang cewek gak semua nyindir) karena aku waktu ujian gak mau kasih contokan ke yang lain wkwk

Jadi dulu waktu jaman aku SMA, di Indonesia mualai diterapkan sistem ujian CBT. Sekolahku termasuk dalam sekolah yang menyelengarakan CBT. Waktu itu seneg-seneg takut gitu, takut kalau servernya bermaslah, takut ini, takut itu, tapi seneng juga berasa keren gitu  wkwk.

Jadi dalam 1 ruangan itu ada 4 baris meja komputer, yang bagian pinggir, itu minggir nempel tembok, tapi yang bagin tengah 2 baris nempel deket gitu, dan dari belakang layar kita bisa terlihat dengan jelas. Ditambah dulu itu soalnya sama cuma diacak aja, ada juga sih yang beda, tapi banyak yang sama dan di acak.

Terus waktu ngerjain aku sadar banget kalau orang-orang di belakang lihat layarku. Awalnya sih aku biarin. Tapi beberapa hari aku pikir kok nyebelin banget ya, yang lain usaha belajar tapi dia malah ambil enaknya nglakuin itu. Karena merasa sebel banget ya aku tutupin aja pakai tangan waktu aku mau ngeklik jawabnnya. Dan itu langsung viral woyyyy

Paginya waku aku di kelas, temen aku yang biasa nyontek aku, disindir sama temen aku yang lain. Intinya yahhh gak bisa nyontek lagi. Dan ternyata di grup kelas itu rame banget ngomongin tentang itu. Untungnya aku waktu itu gak ada paketan jadi aku gak lihat wkwkwk (sedih hiks)

Tapi karena aku sadar yang di omongin aku, aku tanya ke teman sebangku ku, dia juga gak ngerti apa-apa. Terus ciwi-ciwi depan bangku ku ngrumpi gitu, yah kerasa banget lah kalau kita lagi diomongin, pasti secara reflek ada salah satu yang langsung nengok ke aku. Wahhh bener nih aku yang diomongin.

Lalu temen aku yang duduk depanKu, nanya ke aku. “lihat grup gak tadi malan?” 
Aku jawab aja "iya". Padahal aku gak lihat. Dia kaget.
Lalu aku cerita sama temen sebangku ku yang emang udah tau banget aku itu gimana kalau udah menyangkut ujian. Aku bener-bener gak mau tanya dan ditanyain waktu ujian, kalau lagi belajar kita bisa berbagi semua yang kita bisa tapi gak waktu ujian.

Dan hal ini aku dapat waktu aku kelas 3 SMP. Waktu itu, lagi TRY OUT matematika, aku susah banget konsentrasai dan waktu udah mepet mau selesai. Lalu aku nyontek, tanya ketemen aku, terus dia jawab sambil cuek gitu gak lihat kertas jawabanya langsung bilang "A". 
Aku percaya aja aku tulis A, walau sepersekian detik ada rasa ragu sih. Tapi yaudah lah ya.

Pas keluar kelas dia bahas soal yang aku tanyain ke dia sama temen aku yang lain, dan dia jawab B uyy. Langsung naik pitam ya, marah banget dalam hati. Pulang kerumah, langsung cerita sama ibuk. Dan dengan teneg ibu aku kasih tau, "ini kan cuma TRY OUT yang tujuannya untuk ngetes seberapa kemampuan kamu, kalu masih kurang nati bisa dievaluasia dan diberi masukan untuk bisa lebih baik lagi. Sekolah itu cari ilmunya bukan nilainya, dan sekarang kamu gak boleh nyontek lagi kerjain aja sebisanya.  Ya berarti itu kemampuanmu."
Dan dimulai dari sinilah nyontek, dan memberi contekan dihapuskan. Tiap ujian ngerjain sendiri, bisa gak bisa ya sendiri. Kalau gak bisa ya dikosongi atau jawab ngasal. Dan itu aku terapkan sampek SMA. Dan munculah masalah itu.

Sering banget aku disindiri, baik waktu jam kelas berlangsung, yahhh selagi mereka ada kesempatan untuk nyindir ya mereka nyindiri. Bodolah, cuekin aja, terserah sih mau ngomong kayak apa. Toh yang capek juga kamu sendiri, mulut ya mulutmu, tenaga yang dipakai ya tenagamu. Kalau ditanya sakit hati gak sih, ya sakit hati lah. Dan salah satu cara yang aku lakuin adalah berdoa untuk kebaikan diriku sendiri. Kan katanya doa orang teraniya bakal terkabul. Tapi tenang aku gak pernah doain jelek orang-orang itu, aku cuma doa untuk diri aku sendiri untuk diberi apa yang aku mau. Karena takut uyyy dulu waktu SD pernah doain temen aku yang nyebelin untuk jatuh dari sepeda, dan beberapa menit aja itu bener-bener terjadi.

Kalau kita ketemu di luar kelas aku gak peranah mau nyapa, dan mereka juga. Kejadian lucu itu waku aku sama temenku keluar dari kantin, mau ke kelas. Ketemu sama mereka yang lagi duduk di depan kelas yang di samping kantin. Karena masih kesel juga, waktu leawat depan mereka dan itu kayak ada tangganya gitu aku hentakin aja kaki aku sampai suaranya “gedebruk” wkwkkw terus aku berlalu aja. Toh kalau aku ngerasa gak salah ya udah terserah kalain aja. Nanti kalau butuh juga kalian baik sendiri

Tapi lama-lama semua membaik, tanpa penyelesaian. Ya selama mereka baik aku juga baik, tapi ya cukup tahu aja. Dan sekarang semua udah baik-baik aja, kalau ketemu ya nyapa juga. Dan kita sama-sama mendukung untuk kesuksesan semuanya. Begitulah sepengal cerita kekanakan ku


Chocolate
08:52
Malang, 27 September 2018

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate