Marahnya Aku


Semua orang punya cara sendiri-sendiri dalam mengatasi setiap masalah yang muncul dalam hidupnya, cara menanggapi, cara mengambil keputusan, sudut pandang dalam melihat masalah. Semua orang punya cara mereka sendiri. Dan itu gak bisa untuk di salahkaan begitu saja, jika itu berbeda dengan cara kita.

Contohnya kemarin, jadi aku lagi minta izin sama “pembimbing” aku untuk pergi dulu. Tapi dengan syarat aku udah 1 langkah lebih dulu dari yang lain. Aku ngomong minta izin lihat orangnya yaa, dan yang aku lihat cuma main hp. Padahal dalam kondisi aku lagi ngomong sama dia. Dan jawabnya cuma simpel “GAK”. Sebenarnya aku gak masalah dengan jawaban itu, karena aku yaakin tujuannya baik. Mungkin supaya yang lain gaak iri, supay yang lain gak kepikiran untuk pingin pulang juga. TAPI  caranya itu yang aku gak bisaa terima. Aku lagi ngomong sama dia, aku pandang wajahnya, aku lihat matanya. Tapi dia sama sekali gak lihat aku, cuma jawab “GAK” sambil tetep main HP.

Dan setelah aku ingat itu gak cuma terjadi sekali, dulu aku pernah mengalaminya juga, dan sama orang yang sama. Tapi dulu aku gak terlalu ambil hati banget. Walaupun tetep aja gak bisa terima dengan responnya. Masih aku angep gak masalah, tapi yang semalam itu sakit hati banget aku. Kenapa sih cuma lihat aja orang yang lagi ngajak bicara, aku tu gak males juga kok dalam ngerjain setiap tugasnya. Buktinya aku udah memulai lebih dulu dari yang lain.  Sekali lagi aku gak ada masalah dengan dia yang gak ngasih izin, tapi masalahnya ada diresponya dia ketika ada yang ngajak bicara. Mandang wajahnya aja gak mau. DIA PEREMPUAN ya, kalau laki-laki ya wajar sih kalau dia punya agama yang baik, sampek gak mau kontak mata langsung dengan perempuan.

Dan saat itu aku memutuskan untuk oke udah, gak usah berusaha ramah lagi. Jadi sebenarnya udah dari dulu-dulu aku ngerasa gak bersahabat sama dia, tapi dia kalau sama yang lain oke oke aja. Aku berfikir lagi apasih salah ku, ada buat salah apa aku sama dia, sampek aku tanya ke yang lain. Tapi malah ada yang ternyata merasakan hal yang sama kayak aku. Dulu aku sealu berusaha ramah, seperti menyapa (walaupun aku males bangte, karena responnya cuek brayy) tapi aku paksa, kalau dia lagi ngelawak ya aku respon (walaupun aku merasa itu gak lucu), berusaha banget untuk menghargai lah, walaupun dalam hati ada rasa mangkel banget sama  setiap responnya sama aku.

Tapi dari semalaem aku merasa gak perlu lagi aku gak enak sama dia, dia aja menghargai aku aja enggak. Aku memutuskan ya udah gak usah banget aku memaksakan diriku untuk respek ke dia. Tapi gak bisa cuyyyy. Habis gitu dia keliatan banget merasa gak enaknya sama aku. Dia tiba-tiba buka pembicaaraan, nanya-nanya ke aku, nanyain gak jadi pulang? (padahal ada temenku yang diizinkan pulang dulu saat yaang lain belum pulang, gimana tu perasaanmu?) aku gak di bolehin , sementara temenku di boleh in. Tapi disitu aku memutuskan untuk gak pulang, sampai selesai, sampai dia yang memutuskan pulang.

Tapi bodohnya aku ya, aku tetep ngerasa gak enakan kalau dia udah nanya –nanya terus aku cuekin, jadi kemarin ya tetep aku respon dengan baik. Gak tahu kenapa ya hati aku ngerasa aku gak bisa untuk cuek sama dia. Aku tetep kasih respon yang baik, walaupun dia udah bersikap kayak gitu ke aku. Aku tetep gak bisa untuk menunjukkan kalau aku marah. Aku paling gak suka kalau ada canggung atau masalah sama orang lain. Makannya aku gak bisa menunjukkan kemarahan ku ke orang lain yang belum aku kenal baik.

Karena aku kalau marah tipekal orang yang diem, kecuali kalau marah sama orang yang udah dekat ke aku. Aku bakal ngomong langsung ke orangnya apa yang membuatku marah. Jadi kemarin respon marah ku sama dia. Cuma pergi sholat tanpa izin ke dia, saat balik ke tempat bimbigan, yang awalnya aku duduk di depan dia, aku pindah duduk menjauh dari dia. Cuma itu yang aku lakukan. (mungkin bagi oranag lain itu gak menunjukkan sikap marah ya. Tapi itu yang aku lakukan ketika aku ada rasa marah sama orang yang gak begitu dekat dengan aku.

Aku gak mau langsung marah dan meluap-luap, karena saat aku marah pasti aku gak bisa berfikir dengan objektif dan rasional. Aku pasti gak bisa melihat dengan jelas mana yang benar dan mana yang salah. Jadi kalau marah aku lebih baik mengontrol terlebih dulu diri aku, menenangkan diri akau lebih dulu. Berfikir dulu apa yang sebenarnya terjadi, baru aku bisa mengambil keputusan.

Btw hal ini udah aku tanyai langsung ke temen-temenku, dia besikap seperti itu wajar gak sih, alay gak sih kalau aku merasa sakit hati mendapat sikap yang seperti itu, dan kebetulan temen yang aku tanyain melihat secara langsung sikap si doi ke aku

Chocolate
06:59
Malang, 8 November 2018


0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate