Be Yourself or Develop Yourself?



Ceritanya ini lagi binggung, jadi yang lagi binggung jangan baca nanti tambah binggung. Padahaal gak ada yang baca dududu

Jadi beberapa bulan yang lalu aku berusaha untuk berkenalan dengan diri aku. Aku merasa selama 21 tahun ini aku masih belum bisa tahu siapa sih sebenarnya Tita Hidayah itu, orangnya seperti apa sih, apa yang dia sukai, apa sih yang dia inginkan, apa yang ingin dia capai, karakternya seperti apa sih. Banyak hal yang aku gak ngerti tentang Tita. Akhirnya aku berusahaa berkenaalan sama dia, berusaha ngertiin dia. Dan akhirnya aku menemukan beberapa hal tentang Tita. Oke kita penuhi apa yang Tita mau.

Mulai deh lakukan apa yang Tita mau. Apa yang sebenarnya Tita mau dan sukai. Apa yang membuat Tita nyaman. Tapi setelah ngikutin apa yang Tita mau, ternyata muncul banyak banget komplain cuyy. Banyak yang bilang Tita jadi sombong, songgong, cuek, pemarah dll.

Kadang  gak paham juga dengan pendapat mereka. Padahal kamu yang komentar juga sering lakuin itu, tapi kamu tetep aja komentar saat orang lain lakukan itu hmm Tapi ya gimana ya namanya juga manusia apa-apa yang diinginkan kita yang jadi yang utama. Dan aku pun pasti pernah lakuin hal itu juga. tapi setelah tau kayak gini di rem deh di tahan untuk gak lakukan hal ini. Coba untuk jadi orang yang jujur, kalau mau ya mau kalau gak mau ya gak mau, dan gak usah banyak komentar pada hal yang gak kita tahu.

Terus nihya apa yang harus dilakukan ya cuyy? Kalau Tita merasa nyaman dengan dia jadi dirinya, tapi banyak orang yang gak suka dengan Tita yang jadi dirinya. Dan hal itu terus terang menggangu. Yang mana yang harus di pilih. Sebenarnya untuk berubah jadi yang lebih baik dan jadi orang yang disukai orang lain, walau itu bukan diri kita itu baik ya? Nayam gak sih Tita kamu jadi gitu?

Kita itu manusia yang tidak punya kemampuan untuk menyenangkan semua manusia. Sekeras-kerasnya kita berusaha muntuk menyenangkan manusia lain, kita tetap tidak bisa untuk memuaskannya. Dan manusia lain juga gak bisa memuaskan kita. Itu hukum absolut menjadi manusia kali yaa

Tau lah ya

Sekarang Tita masih ingin tetepa jadi drinya sendiri dan berusaha ramah, biar gak jadi sombong. Tapi ya gak bisa cepet ya perlu beberapa waktu dan proses. Sebenarnya untuk orang-orang yang udah kenal pasti ngerti kalau Tita itu sebenarnya anaknya freak banget, sangking terlalu aktifnya buat hidupin suasana. Karena jujur yee Tita gak suka dalam lingkungan yang gitu gitu aja,diem-diem bae, padahal kita udah kenal, udah temen deket BGTlah. Dan saat itulah Tita bisa jadi manusia yang anah dan alay, yang orang baru kenal Tita pasti gak bakal nyangka

Sebenarnya ada satu hal yang harus dipercayai ketik kamu jadi dirimu sendiri. Ya walaupun awalnya akan terkesan hal jelek tentang keputusanmu. Tapi jika kamu tetap pertahanin karater diri kamu, gak berusaha jadi orang lain. Dan memang karaktermu sebenarnya baik-baik aja, yaudah jalani aja sesuai apa yang ada di diri kamu, gak perlu berakting jadi orang lain yang malah menambah beban di diri kamu. Kalau kamu memang baik, orang yang ada di sekitar kamu nanti juga akan merasakannya kok, dan yang jauh biarkan tetap berasumsi sesuka mereka. Kalau mereka dekat juga tahu sendiri siap kamu.

Tapi jangan lupa untuk berproses memperbaiki diri dengan mintaah pendapat dan penilain pada orang-orang terdekat kamu, yang mereka ingin kamu jadi lebih baik lagi di tiap harinya. Karena pasti mereka akan memberi masukan yang berusaha membangun kamu, dan mereka tahu siapa sebenarnya diri kamu. Karena saat kaamu meminta penilaian pada orang lain yang mereka gak tahu siapa kamu, bisa jadi masukan mereka kurang sesuai dengan kamu. Tapi boleh aja sih, asalkan kamu bisa memilah dan memilih yang mana yang sesuai untuk kamu. Jadi jangan lantas untuk tutup telingga dan gak mau menerima masukan dan merubah diri kamu jika itu memang perlu. Tapi ada beberapa hal yang harus diprtahankan, jika itu memang baik.

Karena dalam lingkungan saat kita ingin berkembang dan kita memasukkan banyak hal dalam diri kita, maka hal-hal yang sudah tertananm dengan baik bisa saja tergeser temapatnya dengan hal yang tidak baik. Jadi penting banget utnuk memiliki prinsip dan alasan yang kuat.

Ya intinya saat ini Tita tetap ingin jadi dirinya, walaupun dengan ini itu dll. Tetap jadi diri kamu sendiri dan tunjukkan pada mereka siapa sebenarnya dirimu, karena orang-orang yang dekat dengan kamu pasti tahu siapa dirimu sebenarnya. Lama-lama orang juga akan sadar kok siapa sih sebenarnya dirimu, ketika kamu konsisiten dengan karaktermu, gak perlu jadi orang lain. Dan jangan lupa menerima dan menyaring masukan orang lain.

Menjadi diri sendiri memang gak cukup. Tapi jangan pernah menjadi orang lain. Hidup itu proses, dan setiap orang prosesnya beda-beda, walaupun mereka dalam wadah yang sama. Kita bisa menyakiti perasaan orang lain, dan orang lain pun bisa menyakiti perasaan kita. Yaa Itulah hidup. Jalani aja dan semoga kita bisa belajar banyak dari setiap proses yang kita lewati.

Jadi mari kita mengenal orangnya terlebih dulu, baru menilainya dan memberi masukan

Chocolate
07:24
Malang, 24 November 2018

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate