My Senior Year of Coullage End

Haii It’s been a long time

14 Juni 2021, hari yang bener-bener mendebarkan. Takut, seneng campur aduk banget rasanya. Seneng akhirnya bisa sidang, tapi takut kalau gak maksimal, kalau gak lancar sidangnya. Masih ingat banget satu hari sebelumnya, masih banyak banget yang dipersiapkan mulai belajar presentasi sendiri, sama temen-temen sampek suara serak rasanya. Dan yang gak terlupakan tiba-tiba dapat chat dari dosen pembimbing untuk latihan presentasi bareng beliau lewat zoom meeting sampek jam 10.00 pm. Tapi seneng juga dengan begitu aku belajar banyak hal malam itu, beliau juga memberikan banyak masukan dan pertanyaan yang semakin membuka wawasanku, mengenai pertanyaan yang akan ditanyakan dosen penguji besok. Malam harinya aku masih harus mengerjakan beberapa revisi dari pptku. Akhirnya aku tidur jam 12 malam. 

Bangun buat sholat subuh, mandi, sarapan. Jam 8:00 am udah siap di depan laptop, baju udah rapih banyak catatan berserakan depan laptop.
@titahidayah_1

Rasanya campur aduk banget. Aku harusnya ujian jam 10:00 am. Tapi dosen penguji dan pembimbing baru join zoom meeting jam 10:20 am, ini udaha panik sih. Kok lama banget gak ada yang join. Padahal jam 8:00 aku udah kirim chat buat mengingatkan waktu ujian. Dan masih ada drama lagi, yaitu dosen pembimbing ku yang satunya mengalami kesulitan untuk join zoom karena ada kendala teknis. Sampek aku harus telephon bagian recording untuk menanyakan masalah ini. Jam 10:35 akhirnya semua dosen sudah lengkap dan dimulailah. Ahhhhh 

Setiap presentasi diberikan waktu 15 menit, namun kendalaku, aku selalu presentasi lebih dari waktu itu, so gak boleh banget aku jelasinnya bertele-tele. Harus jelas dan lancer. Sempet juga diakhir-akhir slide PPT sinyal ku mati, untungnya cuma hitungan detik. Tapi sempat bikin jantungan juga. Presentasi selesai. Fiuhhhh disini saatnya 

Mulailah proses Tanya jawab. Dan semua rasa kekhawatiranku luluh lantah, hilang semua. Semua hal yang aku takuti, semua daftar pertanyaan yang sudah aku tahu aku gak bisa jawab. Alhamdulillah gak ada yang terjadi, semua dosen ramah dan humble banget. Suasananya santai, dosen sering memberikan bercandaan, jadi bisa menjawaab dengan tenang. Walaupun ada satu pertanyaan yang gak bisa aku jawab sih, dan ini pertanyaan dasar banget sebenarnya, tapi aku lupa. Hmmm 

Dan pertanyaan ini diberikan oleh dosen pembimbingku sendiri, yah yang ini bener-bener gak terduga sih, but it’s okay. I have done! 

Terkadang sesuatu memang terlihat sangat menakutkan. Tapi rasa takut itu sebenanrya merupakan indikasi baik. Menandakan bahwa itu adalah hal yang penting, hal yang harus diperjuangkan. Rasa takut dapat dikurangi dengan antisipasi-antisipasi yang bisa kita lakukan sebelumnya. Dalam kasusku ini, aku mengantisipasi dengan banyak berlatih sendiri, selanjutnya berlatih bersama teman dan menyaring banyak masukan dan pertanyaan yang kemungkinan bisa ditanyakan juga oleh dosen penguji. 

Untuk semua teman-teman yang sedang SKRIPSIAN, semangat. Kerjakan apa yang bisa dikerjakan dahulu, carilah teman yang bisa diajak diskusi dan memberikan positive insight, jauhi teman-teman yang toxic. Apapun permasalahannya saat ini, pasti aka nada jalan keluarnya. Selalu ingat apa yang ada di dunia ini adalah sementara, termasuk masalahmu itu juga hanya sementara. Jadi jangan menyerah, terus bertahan ayok pasti bisa. -The Lord replied them, 

“Do not be afraid; I Am with you all the time, listening and seeing.”- 
20:46 

Beberapa hadiah dari teman


Makan malam habis sidang itu rasanya luar biasa nikmat banget






Chocolate 
Malang, 4 Agustus 2021
x

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate