Taman Safari Prigen Pasuruan

Dunia orang dewasa ternyata membosankan ya? Sedikit teman, sedikit waktu luang, dan sedikit hal baru yang terjadi. Senin sampai jumat kerja, sabtu dan minggu binggung mencari kegiatan dan teman untuk diajak main. Iya semua orang punya kepentingannya masing-masing. Oleh karena itu selagi memiliki kesempatan untuk bermain ambillah.

12 Desember 2021, bersama dua orang teman SMA, kami pergi main, gak pakai ribet planning. Rasanya udah lama banget gak ketemu, yang satu kerja di Kediri sebut namanya O, satunya lagi kerja di Pasuruan, sebut namanya P. Pertama kali ketemu pasti canggung sih, tapi gak lama juga. Kalau sama O, gak lama baru ketemu juga, kayaknya 2 bulan yang lalu dia main ke Malang. Kalau sama P ini terakhir ketemu kayaknya pas SMA deh.

Liburan ini kita mau main ke kebun binatan di Pasuruan, Taman Safari Prigen, yang katanya terbesar se asia. Nanti kita bakal menginap di kosan P, pas banget kosanya bisa dibilang dekat, kurang lebih 45 menit ke Taman Safari. Perjalan pertama di mulai oleh O, yang naik kereta ke Malang hari Sabut, samapi di Malang sekitan jam 13:00. Istirahat, sholat, mandi dan makan, lalu pukul 16:00 kita naik motor ke Pasuruan. Gila sih dijam itu macetnya bukan main di Malang, ditambah mendung lagi. Ada kejadian dimana kita hampir salah ambil jalan, saat itu ada 4 jalur, dimana 2 jalur kearah Surabaya dan Pasuruan, 2 lagi mengarah ke Malang. Harusnya kita ambil jalur arah Pasuruan dimana kita harus lewat jalur bawah (terowongan) tapi kita masuk jalur yang yang satunya, O sadar dan langsung berhenti untuk ke sebrang, untungnya kita belum masuk jauh. Selama perjalanan pemandangannya bagus banget gunung banyak di kanan dan kiri, tapi yang ngeri adalah semua kendaraan berjalan dengan kecepatan yang tinggi. Sempet binggung juga waktu cari kosannya P, tapi untungya ada bapak-bapak di wilayah itu yang tahu sama P, ternyata beliau adalah RT di situ. Kita sampai di kosan P sekitar jam 17:00.

Begitu sampai langsung bersih-bersih dan ngobrol-ngobrol tentang kehidupan kita masing-masing. Dari cerita mereka banyak banget insight baru. Ohiya jadi bidang kerja P dan O itu sama, jadi ketika mereka cerita aku beras kayak masuk duni baru, seru dan menantang banget cerita kalian HAHAHAHA. Dari hasil cerita malam itu, memang benar kata orang, manusia itu sering kali merasa tidak puas dan tidak mensyukuri dengan apa yang dia punya. Dari cerita malam itu aku disadarkan oleh mereka betapa banyaknya nikmat yang Allah sudah berikan ke padaku, namun seringkali aku gak menyadari itu. Obrolan tentang dunia baru kita ini berjalan sampai lama, malamnya kita keluar beli makan, dan lagi harus melewat jalan raya yang penuh dengan transformer.

Paginya kita bangun, aku inisitif buat ajak mereka jalan-jalan di sekitar kosannya P, dan benar saja aku menemukan pemadangan cantik banget, dimana ada hamparan sawah, gunung yang menjulang tinggi, dan jangan lupakan kicauan burung di langit yang biru, perfect.

Oke kita lanjut perisapan untuk ke taman safari, gak lupa sarapan dulu. Jauh-jauh ke pasuruan makannya tetep pecel, dan ternyata yang jualan adalah orang Kediri. Sempit banget ya ternyata dunia ini.

Lanjutan perjalan ke taman safari gila pemandangannya cantik banget-banget. Ohiya awalnya sempet ragu, bisa gak ya kita naik motor ke sana, maksudnya masuk ke taman safarinya. Tapi tenang aja ternyata bisa dong, nanti kita bakal antre bareng mobil-mobil terus bakal diarahin sama petuganya buat masuk jalur yang beda, ternyata banyak juga yang naik motor. Nanti waktu jalan-jalan disediakan bus tersendiri. Gak enaknya kalau kita naik bus kita gak bisa kasih makanan langsung ke satwa disana, tapi enaknya kita dapat banyak penjelasan dari pemandunya dan seru banget suasan di bus.

Ditaman safari dibagi jadi beberapa zona, saat berkeliling menggunakan mobil atupun bus kita akan melewati hewan-hewan yang dikelompokkan berdasarkan zonanya. Kawasan ini menghadirkan habitat dari lima benua sekaligus. Hewan dibiarkan di tempatnya tanpa kandang/sangkar. Jika biasanya hewan yang diberi kandang/sangkar, makan kali ini kita yang harus berada dalam tempat yang terlindungi seperti mobil dan bus ini, dan mereka yang dilepas bebaskan. Kita bisa melihat hewan-hewan yang berkeliaran bebas pada habitatnya. Dan satu informasi penting yang baru aku ketahui, ternyata heawan yang hidup pada taman safari ini memiliki usia hidup yang lebih panjang dibandingkan yang ada di tempat liarnya. Karena ditaman safari semua yang mereka butuhkan tersedia, dan selalu dilakukan pengecekan dan pengobatan bagi hewan-hewan di sana, kita juga bertemu dengan dokter yang sedang berkeliling di sana.

Setelah puas berkeliling dengan bis, saatnya kita menjelajah wahan bermain. Tujuan pertama adalah rollercoster, walaupun gak terlalu ekstrim tapi bisalah buat teriak-teriak melampiaskan stress.

Lanjut naik biang lala, kirain bakal biasa aja cuma muter-muter, dan awalnya memang cuma gitu sih. Tapi lama kelamaan bikin adrenalin lumayan lah naik, apa lagi pas diaturun dan miring.

Tujuan ke tiga adalah bom bom car, ini kali kedua tapi masih aja sih gak bisa ngontrol dengan bener. Dan diakhiri nabrak pembatas dengan keras banget, lumayan sakit sih dan malu. Next time harus bisa sih ini

Rumah hantu kayaknya menarik, ngantri lumayan lah, panas juga tempat antrenya. Rombongan didepan adalah anak-anak dari SMP atau SD kayaknya, dan mereka keluar dengan histeri bahkan ada yang sampek sepatunya copot ketinggalan di dalam. Udah deg-deg an kan, eh ternyata pas terakhir emang ada efek kagetnya. Boleh juga nih dicoba, jangan mau rugi udah bayar tiket nikmati semua wahananyaaa

Dan ini nih yang paling aku suka banget. Naik cup dalam air, mirip bom-bom car tapi versi dalam air. Kalau kata P yang ini lebih sulit dari bom-bom car. Emang sih agak berkebalikan gitu cara mengemudinya, kalau kita mau belok kanan kita harus mengarahkan mesinnya ke arah kiri dan begitu sebaliknya. Tapi disini aku malah mudah beradaptasi dari pada pas bom-bom car, dan emang seru kita main dalam air, lumayan bikin basah celana, tenag gak banyak kok. Serius ini ter baik menurutku

Dari wahana ini kita jalan lihat harimau dalam café gitu, jadi bisa makan sambil lihat harimau, lalu masuk lihat-lihat burung, burungnya emang dalam sangkar tapi sangakrnya besar-besar banget dan dibuat seperti hutan. Ada macem-macem burung, bahkan yang gak pernah kita denger namanya. Agak crepy waktu burungnya ada yang berkicau dan bersahutan berasa di hutan beneran. Ohiya, bisa juga berkeliling naik kereta, tapi antrenya gila panjang banget, yaudahlah kita jalan aja

Kita mau masuk lihat pinguin, tapi di jalan kita salah fokus sama permain tebak nama hewan dari matanya. Dan juga ada permainan tebak umur hewan yang hidup di taman safari sama hewan yang berada di alam liar, bener-bener sih ini bagus banget. Dan tetep cocok kok buat manin sama temen-temen kalian, bukan Cuma tempat main untuk anak-anak

Sebenanrya kita melewati wahana reptile, tapi takut aja sih masuknya, jadi kita skip hahaha

Gila sih ini kaki capek juga cuy, kita mau cari masjid dulu buat sholat sama istirahat. Dan lanjut ke tujuan yang udah di nanti-nanti Astraliana, pingin banget kasih makan kanguru. Di sini kita harus beli makan kanguru dulu kalau mau kasih makan, sebelum masuk kita bisa main sama anak domba yang lucu banget

Ternyata di dalam Australiana gak cuma ada kanguru, ada hewan yang awalnya kita kira itu kanguru, kata phitinya itu bukan kanguru (lupa namanya apa ya). Tapi mirip banget

Kita disana bisa kasih makan langsung dan tentunya foto

Selesai dari sini udah sorean dan mendung, kita masuk satu wahana lagi tapi lupa apa namanya, kita bisa kasih makan juga kalau mau.

Oke mulai hujan gaes dan kita memutuskan untuk pulang, karena udah mau tutup juga, jam 16:00. Walaupun sebenarnya ada festival, tapi maslahnya senin pada kerja, O harus balik Kediri, hari itu juga. Selama perjalanan pulang hujan deras banget, dan kita harus cari makan dulu, kita lewat jalan yang penuh transformer dan hujan dengan angina, sakit banget ini hujannya kalau kena muka, dan setelah lama pencarian kita nemu bakso di bawah flay over, lumayan sekalian neduh bentar.

Sampai kosan O pulang duluan, dan aku balik Malangnya besok Senin pagi aja, Karen audah malem, capek dan lagi hujan. Perjalanan paling lama 1 jam, untuk pemula kayak aku. Iya besok jadi kali pertama perjalanan dari Pasuruan ke Malang sendirian, naik motor. Dari malem udah cek maps, ngelihat rute baik-baik, takut banget kalau salah jalan dan malah masuk jalan tol. Iya Cuma itu yang ditakutin.

Alhamdulillah sampek Malang dengan selamat dan ternyata gak lama juga, mungkin karena masih pagi jadi gak terlalu ramai. Dan kalian tahu gak sih rasanya hari senin itu, pasti males banget. Tapi ada rasa beda saat itu, kayak beras udah lama banget gak kerja, padalah cuma 2 hari sih. Tapi berasa lama. Beda cerita kalau Sabtu Minggu cuma di kosan goleran main hp, nonton, pasti“eh kok udah senin”. Dari situ dapat kesimpulan ternyata waktu beras lama atau cepat tergantung bagaimana kita menghabiskannya. Kemarin aku merasa penuh banget waktu ku, penuh dalam artian menikmati banget, semua hal baru yang terjadi rasanya menyenangkan dan membuat rasa “penuh”. Okee mari kita smangat bekerja supaya bisa nabung buat main lagi
Mari wujudkan berlibur dengan hanya membawa badan