Healing (Cafe Sawah Pujon Kidul)

Healing belakangan jadi kata yang trend. Healing sendiri memiliki arti menyembuhkan. Menyembuhkan disini lebih fokus pada kesehatan mental. Kita semua pasti sadar efek dari pandemi ini begitu besar dalam merubah kehidupan. Bahkan sampai merengut nyawa, banyak rencana dalam kehidupan kita yang harus tertunda, bahkan gagal. Kita diminta untuk beradaptasi secepat mungkin dalam kondisi ini, ruang gerak kita dibatasi, banyak waktu kita dihabiskan rumah. Bagi para homebody mungkin ini sesuatu yang menyenangkan, tapi bagi orang yang suka pergi main, bersosialisasi tentu ini memberi efek yang besar bagi kehidupan mereka. Maka sangat wajar jika timbul stress, cemas, dan rasa sedih. Self healing ini menjadi salah satu pengobatan yang sering dilakukan.

Self hiling sendiri memiliki arti yaitu menyembuhkan luka dari luka batin.  Tujuan dari self healing sendiri adalah untuk bisa memahami diri sendiri, menerima ketidaksempuranaan, dan membentuk pikiran positif terhadapa kehidupan saat ini.

Beberapa cara self healing yang sering aku lakukan adalah:
1. Me time

Memberikan waktu untuk diri sendiri. Biasanya aku lakukan saat malam hari. Lampu kamar diatur untuk redup, dan mulai bertanya pada diriku. Apa yang sedang aku rasakan?, Apa yang ingin aku lakukan?, Apa yang sering membuatku tidak nyaman atau cemar?. Semuanya akan aku catat dalam buku. Cara ini membuatku semakin sadar dan tahu apa saja yang aku alami. Terkadang masalah terlihat sangat rumit, hanya karena selalu kita bayangkan.

BlognyaTita
Kadang aku juga suka pergi ke toko buku sendiri, dan yang paling ekstrim yang pernah aku lakukan adalah pergi ke pusat perbelanjaan sendiri. Bagi orang yang baru melakukannya sunguh ini menantang, tapi ternyata nyaman juga. Aku bisa melakukan apapun tanpa memikirkan orang lain. Aku bisa berlama-lama mencari buku, memilih baju selama mungkin, menimbang beli buah ini atau tidak. Semuanya aku lakukan tanpa rasa tidak enak karena sedang ditunggu orang lain.

2. Membiarakn emosi yang aku rasakan mengalir.

Saat aku ingin menangis aku akan membiarkannya menangis, saat ingin marah aku biarkan dia marah, dan saat ingin tertawa sampai perutku sakit dan air mataku keluar aku kan membiarkannya. Sungguh mengekspresikan perasaan kita merupakan hal ternyaman di dunia. Hidup serasa tidak memiliki beban, karena kita tidak sedang berpura-pura.

3. Membuat afirmasi positi.

Waktu SMP aku pernah membaca sebuah buku, tapi aku lupa judul buku itu. Yang paling aku ingat adalah alam semesta ini diciptakan untuk mendukung kita, dan kita harus memanfaatkan itu. Saat kita memiliki pemikiran yang positif makan alam semesta akan memberikan dukungan, dan juga otak manusia didesain untuk lebih mudah menerima perintah berupa gambar, setiap kata yang kita ucapkan akan tergambar dalam pikiran kita. Saat kita berucap “aku ingin bangun lebih awal, jam 6 pagi” maka yang kita bayangkan adalah kita bangun jam 6 pagi, otak kita memerintahkan tubuh untuk bangun jam 6 pagi.  Sedangkan saat kita berfikir “aku tidak boleh bangun siang lagi” maka yang terbayang adalah kita bangun siang, sehingga otak kita memberikan perintah pada tubuh kita untuk bangun siang. Oleh karena itu penting untuk selalu membuat afirmasi positif dengan menggunakan kata-kata yang positif.

4. Pergi berlibur

Karena aku suka dengan suasana hijau dan biru, aku senang pergi berlibur ke tempat dimana banyak pohon, bunga dan cuaca yang cerah. Aku bahkan bisa berdiam diri hanya untuk menikmati pemandangan ini, duduk dibawah pohon, diatas rumput hijau dan memandang langit biru. It’s perfect

Kemarin setelah PPKM dibuka aku sempat pergi jalan-jalan bersama teman-teman ke Café Sawah Pujon Kidul. Jalan-jalan ini penuh drama, dimana aku harus menunggu temanku yang super lama banget, untuk menjemputku. Hampir 1 jam aku menunggu, akhirnya kami ditinggal pergi sama yang lainnya. Tidak sampai disitu, kita diberi maps yang salah oleh temen yang sudah sampai di lokasi, dan alhasil kita berputar-putar nyasar ke rumah warga, bahkan ke tengah persawahan dimana jalannya masih berbatu dan ada turun juga tanjakan. Walaupun ada terselip rasa jengkel, tapi ini tetap seru untuk diceritakan dan menertawakan kebodohan kita.

Sampai disana kita parkir ditempat, lalu membayar tiket untuk masuk. Disana juga dicek suhu tubuh dan harus cuci tangan terlebih dahulu, oh iya kita juga didata ditanyakan asal daerah, mungkin untuk pelacakan jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan, karena saat itu masih pandemi. Harga tiket masuknya juga murah hanya Rp. 10.000 dan lokasi loketnya udah instagramable banget, bagus buat berfoto, ada orang berjualan bunga dikanan dan kirinya. Cocok banget untuk spot foto

Selanjutnya kita akan melewati lapangan yang luas, di sana ramai orang-orang sedang lomba bermain laying-layang. Sepanjang perjalanan ada banyak wahana bermain di Café Sawah Pujon Kidul, seperti:

1.      ATV & Trail

Biaya untuk wahana ini bekisar Rp. 50.000 untuk 5 kali putaran. Oh iya selain itu kita bisa ambil paket adventure yaitu menjelajahi hutan menggunakan motor.

2.      The Roudh 78

Merupakan wahana yang mengambil tema Koboi. Disini kita bisa naik kuda secara langsung, bermain di wahana bola air, shooting target, ada taman kelinci, dan kolam ikan. Kita bisa memancing ikan disana. Dan tentu saja memiliki spot wahana foto yang bagus banget.

3.      Untuk anak-anak yang suka berenang disini juga ada wahana berenang untuk anak-anak. Biaya masuknya sekitar Rp. 5000.

4.       Fantasy Land

Disini merupakan wahan foto paling keren. Terdapat lukisan 3D yang bagus untuk spot foto. Ada taman yang bertema Jepang langkap dengan bunga sakura. Tiket masuknya sekitar Rp. 10.000.

5.      Wisata Taman Budaya

Disini terdapat sebuah panggung yang cukup besar dengan background hamparan sawah, biasanya digunakan untuk pagelaran budaya.

6.      Café

Jangan khawatir setelah berfoto dan menikmati wahana waktunya untuk mengisi tenaga kembali. Kalian bisa menikmati pemandangan sambari membeli makanan dan minuman. Disediakan gazebo-gazebo yang nyaman untuk beristirahat.

Cocok bukan untuk tempat healing dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Menikmati berbagai wahana dan alam secara bersamaan. Oh iya tiket masuk bisa kita tukarkan dengan berbagai souvernir ataupun oleh-oleh lainnya, bernilai Rp. 5000. Jadi bisa dikatakan sebenarnya harga tiket masuknya cuma Rp. 5000. Murah banget kan?  Kita bisa healing meninggalkan rutinitas sejenak, menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat dan tidak menguras kantong.

Jangan abaikan rasa cemas dan rasa takut yang ada dalam diri kita. Cobalah untuka bertanya pada diri kita apa yang terjadi, apa yang dibutuhkan. Mungkin saja diri kita hanya butuh istirahat.

 

Chocolate

30 September 2021

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate