Cuacanya Mendung

                               simalzeys_Pinterest

Cuacanya Mendung
Air hujan mulai berjatuhan, yang awalnya hanya satu, dua tetes air, semakin lama semakin gak bisa dihitung, terlalu cepat dan banyak.
“Minggir dulu gak sih?” katanya.
“Iya, makin deres.” jawabku.
Kita berhenti di pinggir jalan, toko yang tutup. 
“Anjir ya padahal tadi cerah banget, pas kita berangkat” katanya sambil melepas helm.
“Namanya juga cuaca” kataku.
“Kayak kamu ya, mudian. Pagi cerah banget, siangnya bisa tiba-tiba ngomel-ngomel, marah-marah. Apalagi kalau lagi kangen” sambil menampilkan senyum manisnya dia mengatakan padaku.
“Terus kenapa? gak suka?” jawabku ketus. Lagi neduh di pinggir jalan malah ngajak berantem.
“Nggak tuh, buktinya aku masih disini.” jawabnya singkat.
 
Aku tahu dia sebenarnya sedang mencari topik pembicaraan, karena dalam hubungan ini aku rasa aku banyak diamnya. Tapi tipe yang diam nyaman gitu. Bukan awkward. Jadi jangan kaget kalau dia jadi makin bawal saat bareng aku, karena bawalnya inilah aku nyaman.
“Udah agak reda nih, lanjut yuk. Tapi pake mantel aja” katanya.
“Ayo, tapi gak mau pakai mantel. Kamu aja, nanti aku pakai jaket ini aja. Aman kok, ini anti air” jawabku.
 
Aku tuh gak suka pake banget kalau perjalanan harus pakai mantel. Kayak repot banget gitu, harus pakai, nanti dilepas. Harus dijemur sampai kering, kalau enggak nanti bau. Makanya aku terkesan gak suka hujan. Padahal sebenarnya yang gak aku sukai mantelnya, bukan hujannya.
“Kalau gak mau pakai mantel, yaudah disini aja sampek reda” jawabnya sambil duduk lagi.
Aku tahu dia lagi kesel, perdebatan masalah mantel ini udah sering banget terjadi.
“Beneran deh gapapa tahu kalau gak pakai mentel. Hujannya sudah reda kok, pasti nanti ditengah jalan udah gak hujan. Terus aku pakai jaket sama nanti sembunyi aja dibelakang kamu. Janji deh gak bakal sakit kok” bujukku. 
 
Sumpah udah sore dan udah capek banget mau mandi terus tidur.
“Ayolah please, capek banget mau mandi terus tidur” bujuk ku.
“Yaudah pake mantelnya, apasih susahnya pakai mante” jawabnya.
“Lidah deh langitnya cerah yang bagian sana, suer gak hujan nanti disana. Aku kan nanti bisa ngumpet dibelakang kamu, sambil pakai jaket bomber ini. Gak bakal basah kok” paksaku.
“Ayo dong, udah mulai malem lo” bujukku lagi.
“Naik” katanya.
 
Aku yakin banget dia lagi kesel. Selama perjalanan dia diem aja. Sekarang giliranku.
“Kamu tau gak sih tadi waktu kita jalan dari tempat parkir mau masuk ke loket tiket ada orang jualan permen kapas lucu banget. Sama ada yang jualan arbanat. Aku tadi sebenarnya pingin beli, tapi nanti pasti repot bnaget bawanya. Aku kira nanti kita pas balik bisa lewat jalan yang sama kayak yang masuk. Padahal kalau bisa kan, tadi mau beli dulu. Tau gak sih gede banget tadi arbanatnya. hmmm pasti enak banget gak sih” kataku.
“Hmmm nanti beli aja di superindo, biasanya kan ada” jawabnya.
“Ahh tapi males deh, capek banget mau langsung pulang aja” jawabku.
“iya” jawabnya lagi.
“Tapi sebenernya pengen arbanat sih” kataku lagi.
“Gojek” jawabnya.
 
Fix masih marah dia. Agak takut sih sebenernya kalau dia udah diem gini. Mana hujan bukannya makin reda kok makin deres. 
“Anjir ramalan cuaca ku salah” batinku.
Tiba-tiba dia berhentiin motor dan miring di bawah pohon.
“Anjir pasti aku bakal dipaksa pakai mantel, yaudah deh dari pada nanti berantem ini disini” batinku.
“Kenapa?” kataku.
“Ban motornya kayak kempes” jawabnya.
“Loh iya, gimana dong? tanyaku.
“Kayaknya ini bocor, tadi pagi aman kok. Bentar aku browsing bengkel terdekat dulu” jawabnya sambil mengelurakan handphon.
“Gak bisa dinaiki ini, jalan bentar yuk ke toko depan itu” ajaknya.
 
Kita berjalan sebentar buat berteduh di emperan toko. Hujannya gak deres tapi bajuku lumayan basah sih, dan sejujurnya agak kediginana. Tapi aku gak berani mengeluh, dia lagi panek, dan tadi salahku sendiri gak mau pakai mantel. Oh Iya aku udah jelasin belum, kalau dia juga gak pakai mantel. Baju bagian depannya udah basah, huhu semakin merasa bersalah, tapi aku gak berani buat ngomong. Takut dia nanti malah marah.
 
“Bengkelnya harus jalan sedikit ke depan, terus belok kiri. Ikut aja ya, jangan nunggu disini sendiri. Sepi” katanya.
“Iyalah, gak mau juga aku sendiri disini” jawabku.
Sepanjang jalan hujannya makin deras, bajuku sudah basah, dia juga. Dia diam seribu bahasa. Aku juga takut buat ngajak ngomong, ditambah aku bantu dorong motornya di belakang ditambah dengan hujan kayaknya dia gak bakal denger aku ngomong.
“Anjir tutup” katanya.
 
Iya, ruko yang bertuliskan bengkel itu tutup. 
“Tutup mas, di depan situ mas belok kiri nanti ada bengkel kiri jalan. Deket dari sini” ada mas-mas penjual lalapan di depan ruko yang memberi tahu kami.
“Oh Iya mas, terima kasih” jawabnya.
 
Kami berjalan lagi. Sumpah sih tanganku sudah mengkerut, karena dingin. Di ajuga sudah basah kuyup. Situasi ini canggung banget sih. Tapi dia memang begini kalau lagi marah pasti diem aja, dan itu kontras banget ketika dia sedang dalam mood yang baik. Jadi kita bisa dengan mudah mengetahui perasaan hatinya.Tapi tetep takut, dia orang yang jarang banget marah, sekalinya dia diem gini bener-bener takut.
 
“Eh itu bengkelnya. Alhamdulillah buka” seruku.
“Kenapa mas?” tanya bapak bengkelnya.
“Kayaknya bocor pak?” jawab dia.
“Oke mas tungu bentarnya, cepet kok karena ban motornya tubles.” jelas bapak bengkel.
 
Aku sudah memilih duduk di bangku yang memang disediakan diasan.
“Permisi ya pak mau ambil jaket di jok motor dulu” kata dia.
“Oh iya mas, dari mana ini tadi kok sampek kehujanan gitu” tanya bapak bengkel.
“Anjir kenapa pakai ditanya juga sih pak” batinku.
“Habis main pak tadi, di tengah jalan tadi kehujanan” jelasnya.
“Gak bawa mantel ya tadi?” tanya bapaknya lagi.
“Mampus nih pasti diomelin habis ini” batinku lagi.
“Cewek saya memang agak bandel pak, malas pakai mantel” jawabannya.
“What the f*ck, ngomong apa dia tadi? cewek saya, cewek saya” umpatku dalam hati.
 
Kalian tahu gak wajahnya kayak gimana waktu ngomong itu. Cengengesan.
Tapi pas balik badan dan jalan ke arahku yang sedang duduk di bangku samping, wajahnya berubah flat lagi.
“Ganti jaket anti air mu pakai ini” katanya sambil memberikan jaket yang baru diambil dari jok motor.
“Anjir sarkas banget” batin ku lagi. 
 
Sumpah kicep banget gak berani ngomong jirr. Dia kalau udah marah sumpah nyeremin banget. Gak banyak ngomong, wajahnya dingin, tapi kalau ngomong ke orang lain langsung beda banget. Jangan-jangan dia berkepribadian ganda. Amit-amit deh.
 
Nggak sampai setengah jam motornya sudah selesai, dan hujannya sudah reda, tapi anginnya kenceng banget. Jadi makin terasa dingin, dan jangan lupa cowok yang bonceng aku ini gak kalah dingin saat ini. Sepanjang perjalanan cuma satu kalimat yang diucapkan
“Jaketnya di naikin resletingnya, dingin” perintahnya.
Sisanya kita diem sampek di depan kos ku.
 
“Makasih ya, maaf …”
“Langsung mandi, terus makan. Gojek aja” potongnya gak mau mendengarkan kata-kataku.
Hafal banget, kita itu sama kalau masalah ini. Kita gak suka mendengar kata maaf yang tujuannya cuma untuk menghilangkan rasa bersalah. Jadi maksudnya begini:
Dalam kasus ini aku minta maaf karena aku merasa bersalah karena kita jadi kehujanan dan basah kuyup, semisal tadi kita gak kehujanan ya aku gak minta maaf. Sedangkan makna dari permintaan maaf yang diharapkan adalah maaf karena tadi ngeyel banget buat gak pakai mantel, padahal kondisinya tadi udah mendung banget, dan berjanji buat gak ngulangin lagi. Ya gitulah pokoknya, yang penting kalau masalah ini kita sepaham. Jadi aku gak kaget waktu dia motong ucapanku tadi. Tapi fix banget dia marah ini.
 
“Hmm hati-hati yaa” jawabku.
“Masuk sana” perintahnya.
“Dah…” kataku.




0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate