Semester 6 uhuyyyyy



Gak kerasa aku udah 3 tahun di Malang. Yang berarti aku udah semakin tua juga. maksudnya semesternya yang tua, orangnya mah masih muda BGT. Masih inget awal-awal semester 1 yang aku gak ngerti apa-apa tentang Teknik Pengairan. Apa yang dipelajari, mau gimana nantinya dll. Maklumyaa milih Teknik Pengairan karena lihat di blog SBMPTN ada jurursan Teknik Pengairan, erus jadi kepo karena jarang denger. 

Yaudah deh aku pilih aja itu.

Dan di semester 6 ini aku ambil mata kuliah PKN Praktik Kerja Nyata (magang). Tapi kalau di pengairang PKN sama magang itu beda. Kalau PKN itu wajib, kalau magang gak wajib. Sebenarnya ngambil PKN itu bisa juga di semester 5, tapi aku baru ambil di semester 6 ini. Karena di semester 5 emang kurang paham dan kurang persiapan juga.

Lebih baik pilih semester 5 apa semester 6?

Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya sih. Kalau ambil di semester 5 itu, dia punya libur yang panjang, jadi lebih lama dan mendalam PKNnya dan banyak waktu buat urus segala berkas yang diperlukan. Bisa tetep liburan sama PKN. Tapi kalau kata ketua jurusan S1, PKN di semester 6 lebih baik, karena ilmu yang kita dapat sudah lebih mendalam. Jadi saat di tempat magang kita udah ngerti dengan segala penjelasnnya. Sayangnya kalau magang di semester 6 liburnya bentar, bisa-bisa waktu libur kita digunakan untuk magang semua.

Jadi mau ambil di semester berapa ya kita tentuin sendiri, karena yang tahu diri kita ya kita

Dan sekarang aku lagi magang di PT INDRA KARYA di Malang. PT Indra Karya adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia atau BUMN yang bergerak di bidang konsultasi teknik, terutama konstruksi. Kalau mau lebih tau tentang indra karya bisa cek disini. Kalau kita mau ngajuin PKN disini, biasanya kita diminta untuk buat proposal terlebiih dahulu dan surat pengajuan untuk PKN yang udah ada tanda tanggan dari kampus. Satu proposal biasanya maksimal untuk 5 mahasiswa. Oh iya disini kita bisa milih mau yang dateng ke lapangan langsung atau cuma di kantor. Menyesuaikan juga sama proyek yang ada di kantornya.

Disini aku magang tentang pengolahan data instrumentasi bendungan, yang akan digunakan dalam sebuah proyek. Aku dapat bendungan di Aceh yaitu bendungan Keulilling. Jadi setelah di bangun suatu bendungan harus ada aturan oprasionalnya, kalau yang di Bendungan Keulilling ini selama 2 tahun,bendungannya di cek dulu.

Lalu gimana perasan waktu hari pertama PKN?

Karena aku PKNnya baru mulai setelah libur 1 minggu (karena tanggal merah hari natal dan tahun baru) jadi aku baru mulai setelah 1 minggu libur.  Dan waktu harus balik lagi ke Malang itu sangat berat. Rasanya gak rela liburanku udah selesai. Tapi senang juga degdegan waktu hari pertama mau pkn. Di sana orang-orangnya sangat ramah jadi sangat membantu dalam beradaptasi. Dan alhamdulillah semua berjalan lancar, belum pernah gabut walaupun di hari petama. Dan kita juga mengikuti jam kerjanya full dari jam 8 sampai jam 5 sore, istirahat jam 12 sampai jam 1 siang, intinya kaya kerja beneran. Boleh izin juga sih kalau ada hal penting. Btw disini banyak alumni Teknik Pengairan juga, bahkan yang masih S2 di Teknik Pengairan juga ada. Salah satunya adalah dosen lapanganku. Beliu S1 dan S2nya di Teknik Pengairan, jadi beliu tau banget tentang Teknik Pengairan. Sampek sifat dosen-dosen di pengairan juga tahu, yang sekarang menjadi kolega disetiap proyek beliau. Makanya sangat membantu banget dalam proses penyusunan laporan PKNku.

Cerita ini pasti gak jelas😓😓, sebenarnya ini udah aku tulis dari awal semester 6 tapi baru aku buka lagi , akhir semester 6, jadi agak susah juga buat lanjutin ceritanya
Mon maap yaa🙏🙏🙏



Chocolate
07:44
Malang, 25 Juni 2019

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate