SUSAHNYA CARI KAMPUS BUAT KULIAH

Haiiiiii😊😊😊😊

Assalamualaikummm

Bismilah aku mau cerita sedikit tentang perjuangan aku mencari jurusan yang mau menerimaku heheheh dan tetep semangat buat yang masih nunggu pengumuman SBMPTN

Jadi aku mahasiswa di Jurusan Teknik Pengairan, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya. Dulu aku gak pernah kepikiran untuk kuliah di teknik, SAMA SEKALI GK KEPIKIRAN. Aku pinginnya dulu di kedokteran, tapi semakin dipikir aku orangnya gak tegaan kalau lihat luka, darah dkk jadi aku mikir ulang buat ambil kedokteran. Padahal ibuk aku udah pingin banget aku kuliah kedoteran, sampek ibuk aku banyak banget cari-cari info tentang pendaftaran kedoteran.

 

Tapi gimana lagi yaaaa akunya gak tertarik lagi, yaudah lah ibuk aku ngikut apa mau ku. terus aku kepikiran ambil PWK (dulu gk paham kalau PWK masuk fakultas Teknik) tapi aku gak ambil waktu SNMPTN hmmmmm😑😑 (krn suata hal lah)

Akhirnya aku SNMPTN ambil TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN, sama TEKNOLOGI PERTANIAN di UNIVERSITAS BRAWIJAYA. Dan sebenarnya lagi, aku sama sekali gak pernah mau untuk kulih di UB tapi balik lagi ada suatu hal lagi yang membuat aku daftar disini 😑😑


Selain daftar SNMPTN aku juga daftra kedinasan. Sambil menunggu penggumuman di SMA aku ada bimbingan buat persiapan SBMPTN, dan bimbingan ini baru pertama kali diadakan di SMA ku. Dulu di SMA aku sekelas sama anak-anak yang pinter-pinter bangetttt (kecuali yang nulis ini, hanya beruntung), tapi mungkin karena kita udah merasa jenuh dengan yang namanya belajar dan belajar kita jadi males-malesan ikut bimbingan, dan dulu kita waktu SNMPTN milihnya jurusan-jurusan yang biasa aja kok gak terlalu berat (kemungkinan peminta banyak) menurut kami, jadi OPTIMIS BANGET kalau kita keterima. Jadi dulu waktu bimbingan pasti yang datang dikit, dan kalaupun datang pasti pada males-malesan buat belajar. Yang paling parah sampek tentor yg ngajar kita marah karena kita banyak bercanda dan gak fokus.


Sampai waktunya pengumuman SNMPTN tau lah itu pasti lemot banget kalau mau buka webnya. Dan aku masih ingat banget waktu itu aku di rumah sama ibu aku, ibu aku mandi dan aku usaha banget buat cepet-cepet buka webnya, waktu masih usaha login di webnya, di grup kelas udah pada rame aja ucapan selamattt, wahhh tambah penasaran aja kan aku buat cepet buka hasil SNMPTN ku. Sampai akhirnya aku bisa lihat hasil SNMPTN ku. AKU GAK LOLOS SNMPTN.......😭😭😭😭😭😭 SERIUSS aku gak percaya, aku gak mau ngomong siapa-siapa dulu, aku logout, aku login lagi, initinya aku berharap banget itu terjadi kesalahan. Dan aku lakuin itu berkali-kali tapi hasilnya tetap sama.😌😌


Dan disutu aku berusaha banget SOK tegar waktu ngomong sama ibuk aku, dan ibu aku juga ngerti banget😍😍😍😍.  Ibuk selalu kasih solusi-solusi dan semangat. Sampek pengumuman kedinasan keluar dan aku juga GAK LOLOS disitu aku baru lihat ibuk aku nangis. Soalnya ibuk aku sebenarnya udah sangat berharap aku keterima di kedinasan tapi yahhhh gitu lah. Dan pada saat itu juga aku ngerasa sekolah aku, perjuangan aku selama ini gak ada artinya, semua itu udah sia-sia. aku ngrasa gak bisa bahagian orang tua aku. Sampek aku kepikiran buat kerja aja, buka toko di rumah buat wirausaha sendiri, sambil ternak ayam, sampek aku udah ngrancang-ngrancan dan cari info. Aku sering banget nangis diam-diam waktu gak ada orang, terutama di belakang ibuk aku.


Tapi balik lagi ibuk aku selalu kasih semangat terus dan aku juga mulai mikir. Dulu selama sekolah TK,SD,SMP,SMA aku ngerasa mudah banget aku bisa sekolah di manapun yang aku ingin kan. pilih SMP aku bisa masuk SMP favorit dengan gampang, padahal ada temanku yang sibuk wara-wiri sama orang tuanya buat urus pendaftaran lagi di sekolah yg lainnya karena gak keterima, dan aku cuma duduk-duduk aja karena posisiku udah aman dan keterima. Waktu daftar SMA aku malah ingin daftar di SMA yang biasa aja. Udah print fomulir pendaftaran, udah isi sma yang aku mau. Waktu keluar warnet yang rame banget karena semua pada ngurus pendaftaran juga aku di tanyain sama ibu-ibu. 

ibu-ibu : " mau daftar ke mana mbk?" 

aku      : " mau daftar ke SMA * kota kediri bu" 

ibu-ibu : " emang nilai nun nya berapa?" 

aku     :"**,**" Ibunya kaget 

ibu-ibu : " hah??? nun segitu kok daftar di sana, coba aja daftar   dulu paling gak daftar di sma 7 kota kediri mbk yang masuk 3 terbaik di kota kediri, anak saya aja nyoba-nyoba daftar di smada dulu kok mbk". 

Gak pikir panjang langsung ubah formulir pendaftaran pilihan pertama sma 7 kota kediri, pilihan ke dua baru sma tadi, pilihan ke  Dan Alhamdulillah aku keterima di pilihan pertama. Sementara banyak banget teman-teman aku yang dia harus sekolah di sekolah yang sama sekali bukan keinginannya padahal dia pinter banget.


Dari situ aku jadi mikir, aku udah banyak banget di kasih kenikmatan dan kemudahan. Mungkin kali ini Allah ingin tahu perjuangan aku. Ingin lihat seberapa besar sih kemauanku. Kalau dulu banyak yang bilang hidup itu kayak rodo yang terus berputar, kadang di atas kadang di bawah, mungkin ini saatnya aku ada di bawah. Jadi dari situlah aku bangkit lagi, aku bertekat banget buat daftar di semua pendaftaran yang ada. Dan mulai lah buat daftar SBMPTN, daftar tes di politeknik dllll

 

Masa-masa galau dimulai lagi. Aku binggung mau tetep pada 2 pilihan awalku atau mau ganti jurusan untuk tes SBMPTN. Aku tanya dulu ke ibuk aku, dan ternyata dari awal ibuk aku gak terlalu suka sam 2 jurusan yang awalnya aku pilih di SNMPTN, sempet marah juga sih, jadi mikir mungkin aku gak di terima karena ibuk aku gak ridho (tapi coba berfikir dengan kepal dingin, kan udah berlalu) ya udah aku ganti pilihan. 1 hari sebelum daftar aku sok-sokan merancang strategi. Jadi dalam SBMPTN ada 3 pilihan, untuk pilihan pertama aku pilih jurusan yang grade yang tinggi yang pilihan 2 dan 3 aku pilih yang aku sukai dan gradenya lebih rendah. Maka seharian aku browsing-browing cari info. Dulu aku nemu jurusan yang asing banget buat aku yaitu TEKNIK PENGAIRAN aku gak pernah denger sih, oke aku simpen dulu. Lalu aku kepikiran ambil Teknik Lingkungan. Tapi masih kepikiraan sama TEKNIK PENGAIRAN. Mulai deh kepoin tentang jurusan itu. Mulai cari prospek kerjanya, dan apa yang dipelajari. Dan kecantolah di jurusan Teknik Pengairan, karena menurut aku peluang kerjanya besar dan jurusan ini cuma ada 2 di Indonesia. Jadi inget kata-kata guru biologiku di sma "Yang Langka Yang Dicari, Yang Langka Yang Dilestarikan" wkwkkw


Dan untuk mempersiapkan segala tes yang aku ikuti aku belajar sendiri sama lihat youtube. Dan disinilah penyesalan baru muncul, kenapa dulu aku gak serius ikut bimbingannya. Baru deh ngerasa susah banget buat belajar semua materi 3 tahun dalam waktu beberapa hari. Enak kali ya kalau ada kisi-kisinya wkwkkw parah nih, dulu aku juga gak punya buku predikisi soal-soal SBMPTN. Jadi benar-benar aku belajar mandiri. Aku cari kisi-kisi di internet semua blog yg ada aku buka. Dan ternyata tiap blog kisis-kisinya BEDA😑, Yaudah lah ya aku catet aja semua, SEMUA yang beda aku catet jadi satu dari semua blog. Terus aku cari materinya di Youtube jadi aku fokus sama materi materi yang udah aku catet itu aja. Dan di Youtube selain materi ada juga latihan soalnya jadi aku belajar soalnya dari situ. Sempet gak pd sih soalnya SBMPTN katanya soalnya sulit-sulit dan  aku gak ikut bimbingan. Tapi yaudah lah ya BISMILAH aja. Soalnya aku emang gak mau ambil bimbingan takutnya kalau ikut bimbingan dan bayar mahal ternyata aku gak keterima, kasihan ibu aku lagiudah ngluarin uang sebanyak itu. Dulu aku takut banget ngecewain orang tua aku lagii, walaupun dari orang tua aku sendiri gak pernaah meneka malah yang paling memotivasi banget. Tapi cara orang belajar beda-beda ya, kalau emang bisa ambil bimbingan dan merasa cocok belajar begitu ya ambil aja.


Dan saat itu aku belajar aku harus sungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu,harus berjuang semaksimal mungkin dan terus berjuang sampai akhir. Tujuannya cuma satu "Biar Aku Gak Menyesal Kalau Aku Gagal" karena aku udah berjuang maksimal. Dan juga aku belajar kalau Allah itu sayang banget sama kita, Allah tau banget yang baik buat kita. Makanya Allah bener-bener cuma kasih yang terbaik buat kita, walaupun kadang itu menyakitkan di mata kita. Dan karena semua proses ini aku ngerasa banyak banget yang udah berubah dalam diri aku. Aku jadi bisa buat keputusan besar untuk diri aku sendiri dan bertanggung jawab pada semua keputusan ku. 


Chocolate
11:43
23 Juni 2018

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate