TUGAS PKn :

1.   Jelaskan pengertian Ideologi!
2.      Jelaskan arti Ideologi terbuka dengan ciri – cirinya!
3.      Jelaskan arti Ideologi tertutup dengan cirri – cirinya!
4.      Sebutkan macam – macam Ideologi yang ada di dunia dengan penjelasannya!
5.      Kelompokkan seperti dibawah ini Ideologi terbuka dan Ideologi Tertutup sesuai dengan no.4
6.      Pancasila termasuk Ideologi terbuka/tertutup? Berikan alasan dan bukti!
7.      Bolehkan Ideologi pancasila dengan Ideologi yang lain? Jelaskan
8.      Bagaimana cara memahami Pancasila secara benar?


JAWABAN
  1. Ideologi berasal dari kata idea (Inggris), yang artinya gagasan, pengertian. Kata kerja Yunani oida = mengetahui, melihat dengan budi. Kata “logi” yang berasal dari bahasa Yunani logos yang artinya pengetahuan.Jadi Ideologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasangagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Dalam pengertian sehari-hari menurut Kalian ‘idea’ disamakan artinya dengan cita-cita.
2         2.   Ideologi Terbuka :
        a.       Pengertian
           i.   Ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak dimutlakkan. Dapat diartikan juga bahwa nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakatnya sendiri. Ideologi terbuka merupakan ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal.
        b.      Ciri Ciri :
  • merupakan kekayaan rohani, dan budaya masyarakat (falasafah). Jadi, bukan keyakinan ideologis sekelompok orang, melainkan kesepakatan masyarakat;
  • tidak diciptakan oleh Negara, tetapi ditemukan dalam masyarakat sendiri; ia adalah milik seluruh rakyat, dan bisa digali dan ditemukan dalam kehidupan mereka;
  • isinya tidak langsung operasional. Sehingga, setiap generasi baru dapat dan perlu menggali kembali falasafah tersebut dan mencari implikasinya dalam situasi kekinian mereka.
  • tidak pernah memperkosa kebebasan dan tanggungjawab masyarakat, melainkan menginspirasi masyarakat untuk berusaha hidup bertanggungjawab sesuai dengan falsafah itu.
  • menghargai pluraritas, sehingga dapat diterima warga masyarakat yang berasal dari berbagai latar belakang budaya dan agama. 
  1. Ideologi Tertutup :
    1. Pengertian :   Ideologi tertutup adalah ideologi yang bersifat mutlak. Dengan kata lain bahwa Ideologi tertutup merupakan ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi.
    1. Ciri – Ciri :
    • bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat, melainkan cita-cita       sebuah kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk mengubah masyarakat;
    •   apabila kelompok tersebut berhasil menguasai Negara, ideologinya itu akan dipaksakan pada masyarakat. Nilai-nilai, norma-norma, dan berbagai segi kehidupan masyarakat akan diubah sesuai dengan ideologi tersebut;
    •  bersifat totaliter, artinya mencakup/ mengurusi semua bidang kehidupan. Karena itu, ideologi tertutup ini cenderung cepat-cepat berusaha menguasai bidang informasi dan pendidikan; sebab, kedua bidang tersebut merupakan sarana efektif untuk mempengaruhi perilaku masyarakat;
    •   pluralisme pandagan dan kebudayaan ditiadakan, hak asasi tidak dihormati;
    •    menuntut masyarakat untuk memiliki kesetiaan total dan kesediaan untuk berkorban bagi ideologi tersebut.
    •   isi ideologi tidak hanya nilai-nilai dan cita-cita, tetapi tuntutab-tuntutan konkret dan operasional yang keras, mutlak, dan total.      
  1. Macam – macam Ideologi di Dunia dan penjelasannya :
a.       Liberalisme
                                                                Faham ini mengajarkan kebebasan mutlak pada setiap individu. Kebebasan ini didasarkan keyakinan bahwa semua manusia pada dasarnya adalah baik.
b.      Konservatisme
                                                           Ideologi ini mengajarkan tentang manusia yang harus selalu memelihara kondisi yang sudah ada serta menciptakan kestabilan. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa tidak selamanya sebuah perubahan akan membawa kebaikan.
c.       Komunisme
                                                  Ajaran ini dipelopori oleh negara Uni Sovyet yang dikuasai Partai Bolshevik. Partai ini didirikan oleh Lenin. Dimana dalam ideologi ini semua manusia adalah sama serta tidak ada hak pribadi, mengingat semua faktor ekonomi dan produksi dikuasai oleh negara.
d.      Marxisme
Ajaran ini dikemukakan oleh Karl Marx (1818-1883) dan Frederich Engel (1820-1895). Dalam ajarannya, mereka mengajarkan tentang dasar-dasar komunisme yang dikenal pada saat ini. Dalam konsep ini, ajaran yang mendominasi adalah pemikiran tentang konsep ekonomi dan materialisme.

e.       Feminisme
Ideologi ini bertujuan untuk menciptakan persamaan hak antara pria dan wanita. Cara yang ditempuh adalah dengan melakukan pemerataan dan kesederajatan dari setiap gender.
f.       Sosialisme
Konsep sosialisme ini adalah menciptakan kebersamaan dan adanya kesetaraan pada setiap orang. Dalam ideologi ini diajarkan bahwa semua manusia harus saling membantu, karena manusia tidak bisa hidup sendiri.
g.      Fasisme
Ajaran ini lahir di Italia dipelopori oleh Mousolinni. Dalam ideologi ini dikenal sebuah semboyan yang dipegang teguh, yaitu Crediere, Obediere, Combattere atau Yakinlah, Tunduklah, Berjuanglah. Dalam ideologi ini, peran negara demikian mutlak karena negara diyakini sangat diperlukan dalam upaya menciptakan tatanan kehidupan dalam masyarakat.
h.      Kapitalisme
Ideolologi sangat kental dengan pengaruh pemikiran ekonomi, dimana dalam kapitalisme memiliki inti pemikiran bahwa individu berhak untuk mendapatkan hak dalam bidang perekonomian. Negara tidak boleh terlibat dalam semua aktivitas perekonomian yang dilakukan individu.
i.        Demokrasi
Tujuan awal dari ideologi ini adalah untuk mengembalikan kekuasaan kepada masyarakat, dimana dalam sistem ini, terjadi keseimbangan peran negara hanya sebagai pelaksana administrasi pemerintahan. Sementara, kedaulatan sepenuhnya berada di tangan rakyat.
5        5. 
No
Ideologi Terbuka
Ideologi Tertutup
1.
Pancasila
Komunis
2.
Liberal
Fasis
3.
Sosialis
Marxis
4.
Feminis
Konservatis
5.
Kapitalis

6.
Demokrasi

7.


 
          6.  Terbuka, Karena di dalam Ideologi pancasila baik Rakyat maupun Negara bebas dan terbuka       dalam segala hal, yang mempunyai maksut membagun Negara menjadi Negara yang lebih baik dari sebelumnya dan bisa membuat Negara tersebut menjadi panutan oleh daripada Negara – Negara lain.
7 
           7. Tidak boleh, karena hakikat dari Pancasila sendiri berasal dari pemikiran pemikiran luhur oleh   para pediri Ideologi pancasila dan Ideologi Pancasila merupakan cangkupan yang menyeluruh terhadap budaya dan adat istiadat dari seluruh Indonesia/Nusantara dan oleh karena sebab itu Ideologi Pancasila sangatlah cocok dan tidak boleh tergantikan di Indonesia.

        8. Memahami arti dan makna tiap-tiap sila pada pancasila dan mengamalkan setiap sila Pancasila.
Pada sila pertama yaitu Ketuhanan yang maha Esa kita sebagai warga Negara memiliki hak dan kewajiban untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.dan akan tetapi sebagai umat beragama kita dituntut untuk senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama agar tidak terjadi konflik antara pemeluk agama yang satu dengan agama yang lain.
Pada sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab kita sebagai warga Negara harus menghormati sesama warga Negara tanpa melihat suku,budaya,maupun ras agar selalu terjaga persamaan derajat antar masyarakat Indonesia.
Pada sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia sebagai warga Negara Indonesia yang terkenal akan keberagaman suku,ras dan budayanya,kita harus memliki tenggang rasa terhadap suku dan ras agar kedamaian di Indonesia terjaga.
Sila keempat yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan kita sebagai warga Negara memiliki hak untuk dipilih dan memilih,dalam kasus ini sebagai orang yang dipilih kita harus menjalankan amanat yang diberikan dan menjalankan dengan penuh tanggung jawab,dan dalam mengikuti suatu kegiatan atau perkumpulan kita sebagai anggota harus mendahulukan kepentingan bersama dalam musyawarah dan tidak mementingkan diri sendiri.
Sila kelima yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia memliki makna bahwa seluruh warga Indonesia memliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama,tidak membedakan ras suku budaya serta tidak membeda-bedakan perlakuan antara orang yang memliki jabatan dengan rakyat biasa.



0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Hai Chocolate

Pinterest by muslimah  🍀 Hai Chocolate   “Congrats, kamu sudah bisa melewati banyak hal di awal tahun ini” Melewati ya, bukan berarti s...

Translate